Friday, March 20, 2020

Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum

Aki mobil memiliki peran penting bagi ketersediaan arus listrik di kendaraan, khususnya saat mesin mobil mati. Ya, saat mesin mobil mati, satu-satunya sumber listrik yang ada hanyalah dari aki.

Sumber listrik dalam aki saat mobil mati sebagian besar digunakan untuk memutar starter motor / dinamo starter. Ketika energi listrik dalam aki habis, maka dinamo starter tidak dapat berfungsi dan mesinpun menjadi tidak dapat dihidupkan.

Aki mobil memiliki peran penting bagi ketersediaan arus listrik di kendaraan Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum

Satu-satunya penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum adalah akibat elemen-elemen di dalam aki sudah mengalami kerusakan yang cukup parah. Ya, didalam aki, elemen-elemen aki akan bereaksi secara kimiawi dengan arus listrik yang ada sehingga aki bisa menyimpan listrik ataupun mengeluarkan listrik saat dibutuhkan.

Oleh karena itu, elemen-elemen aki ini sangat penting untuk selalu dirawat dengan perawatan yang benar sehingga aki tetap dapat menyimpan setrum dengan sempurna. Berikut adalah penyebab elemen aki rusak yang mengakibatkan aki tidak bisa menyimpan setrum


1. Air aki pernah habis dan kering dalam jangka waktu lama


Kerusakan aki yang pertama sehingga menjadi penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum adalah akibat air aki pernah kering dalam jangka waktu yang lama.

Khusus untuk aki basah, aki ini menggunakan air aki yang sudah diformulasikan khusus penggunaannya untuk memaksimalkan kinerja elemen aki mobil. Ya, elemen aki mobil harus dalam kondisi terendam oleh air aki agar proses pelepasan dan penyimpanan muatan listrik dalam aki bisa berjalan dengan sempurna.

Ketika air aki ini habis atau kering maka elemen aki tidak lagi terendam dan menjadi kering. Proses pelepasan dan penyimpanan muatan listrik menjadi terganggu sehingga aki tidak bisa menyimpan setrum dengan benar.

Semakin lama air aki kering, maka semakin cepat pula elemen aki mengalami kerusakan. Efeknya jelas akan membuat kondisi aki secara keseluruhan menjadi rusak dan soak.


2. Tidak menggunakan air khusus aki


Penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum yang selanjutnya adalah akibat tidak menggunakan air khusus aki. Ya, aki mobil membutuhkan cairan kimia khusus untuk pertama kalinya saat aki mobil baru di beli. Cairan aki khusus yang pertama kali diisikan ke dalam aki dikenal dengan sebutan aki zuur (biasanya ditandai dengan botol air aki berwarna merah).

Sedangkan, untuk penambahan air aki yang secara reguler / rutin dilakukan adalah air aki demineral yang menggunakan botol kemasan berwarna biru.

Penggunaan kedua cairan tersebut wajib hukumnya selama aki digunakan karena dalam cairan tersebut memiliki unsur-unsur kimia yang dibutuhan saat proses kerja aki, baik untuk menyimpan setrum atau saat melepaskan setrum ke komponen di mobil.

Ketika terjadi kesalahan pengisian, seperti misalnya menggunakan air keran pdam atau air lain yang bukan khusus air aki, maka reaksi kimia antara elemen aki dengan air aki juga menjadi tidak lagi sesuai kerjanya. Bahkan dapat mengganggu proses reaksi kimia shingga menimbulkan residu dan kerak kerak berwarna hitam yang muncul pada air aki.

Jika kondisi ini berlangsung lama, maka hal ini lah yang menyebabkan aki tidak bisa menyimpan setrum untuk jangka waktu yang lama.

Baca juga :


3. Usia pakai aki sudah terlalu lama


Usia pakai akai yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi penyebab aki mobil tidak bisa menyimpan setrum. Perlu diketahui bahwa elemem-elemen didalam aki akan mengalami proses penurunan kinerja.

Reaksi kimia yang terjadi di dalam aki akan semakin melemah sehingga lamat laun elemen aki tersebut akan rusak dengan sendirinya. Ketika elemen di dalam aki sudah rusak , hal ini mempengaruhi kemampuan dan daya simpan setrum di dalam aki.


4. Dinamo ampere pernah rusak overcharge


Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum adalah akibat dinamo ampere pernah rusak overcharge. Overcharge yang berlebihan dari dinamo ampere akan membuat aki panas dan airnya mendidih.

Ketika kondisi ini terjadi, maka air aki menjadi cepat kering karean menguap. Efeknya, sebagian besar elemen di dalam aki mobil akan mengalami kerusakan. Kerusakan elemen aki tentu saja akan menyebabkan kerusakan pada aki itu sendiri, dan salah satu contohnya adalah aki tidak bisa menyimpan setrum meskipun di cas berkali-kali.

Artikel ini diarsipkan pada kategori : Masalah-Mobil