Tuesday, March 24, 2020

Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (Indonesia)

Proklamasi adalah momentum penting bagi bangsa Indonesia. Kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan langkah awal untuk menata diri agar diakui keberadaannya oleh dunia Internasional.

Mulai dari pagi tanggal 17 Agustus 1945, persiapan upacara pembacaan proklamasi kemerdekaan dilakukan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Halaman rumah Soekarno sudah dipadati oleh massa menjelang pembacaan teks proklamasi. Dr. Muwardi memerintahkan kepada Latif Hendraningrat untuk menjaga keamanan pelaksanaan upacara. Latif dalam melaksanakan pengamanan dibantu oleh Arifin Abdurrahman untuk mengantisipasi gangguan tentara Jepang.

Tepat pukul 10.00 WIB, upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia dimulai. Setelah pidato & pembacaan proklamasi selesai, kemudian dilakukan pengibaran bendera Merah Putih oleh Latif Hendraningrat & S. Suhud. Rakyat yang hadir serempak menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Upacara proklamasi ditutup oleh sambutan Wali Kota Jakarta, Suwiryo & Dr. Muwardi.
 Proklamasi adalah momentum penting bagi bangsa Indonesia Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (Indonesia)
Source: Pihak Ketiga.
Peristiwa yang sangat bersejarah itu, berlangsung secara sederhana & hanya memakan waktu kurang dari satu jam. Meski demikian, peristiwa itu membawa pengaruh luar biasa hebatnya bagi bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan ini merupakan tonggak berdirinya negara RI yang berdaulat.